Hubungan Sikap, Paritas, Dan Obesitas Dengan Kejadian Preeklamsia Pada Ibu Hamil Di Poli Obsgin

Authors

  • Yulia Aris Santi mahasiswa
  • Sri Anggraeni
  • Fitriah
  • Masfuah Ernawati

DOI:

https://doi.org/10.36568/gebindo.v11i4.105

Abstract

ABSTRAK

Komplikasi utama yang menyebabkan hampir 75% dari semua kematian ibu salah satunya adalah preeklamsia dan eklamsia. Factor ibu memegang peranan yang berhubungan dengan berat ringannya timbulnya gejala preeklamsia Tujuan penelitian ini untuk menganalisis hubungan sikap, paritas, dan obesitas dengan kejadian preeklamsia pada ibu hamil di poli obsgin RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesomo Bojonegoro.

Rancangan penelitian ini adalah analitik cross sectional. Sampelnya adalah sebagian pasien yang periksa di Poli Obsgin RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesomo Bojonegoro periode bulan Maret tahun 2022, sebanyak 40 orang. Variabel independent adalah sikap, paritas dan obesitas. Variabel dependent adalah kejadian pre eklampsia. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data dengan uji Coefisient Contingensi dengan signifikasi 0,05.

Hasil analisis penelitian pada sikap didapatkan nilai P value = 0,004 artinya ada hubungan sikap dengan kejadian pre eklampsia, paritas didapatkan nilai P value = 0,000 artinya ada hubungan paritas dengan kejadian pre eklampsia,  obesitas didapatkan nilai P value = 0,000 artinya ada hubungan obesitas dengan kejadian pre eklampsia.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa sikap, paritas, dan obesitas berhubungan dengan kejadian pre eklampsia pada ibu hamil di PolyiObsgin RSUD Dr. R. Sosodoro Djatikoesomo Bojonegoro. Ibu Hamil disarankan untuk melakukan pemeriksaan antenatal care secara rutin di fasilitas kesehatan untuk mengetahui pekembangan kesehatan ibu dan janin serta untuk mendeteksi kemungkinan terjadinya pre eklampsia.

 

Kata Kunci : Sikap, Paritas, Obesitas, Pre Eklampsia.

 

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Original Research