Hubungan Pengetahuan, Sikap Dan Dukungan Keluarga Ibu Hamil Dengan Ketepatan Kunjungan Antenatal Care Di Puskesmas Gondang Bojonegoro

Authors

  • Lilik Yuni Astutik POLTEKKES KEMENKES SURABAYA

DOI:

https://doi.org/10.36568/gebindo.v11i3.121

Keywords:

Mother's knowledge; attitude; family support; accuracy of antenatal care visits

Abstract

Kunjungan Antenatal adalah  (kontak) antara ibu hamil dan petugas kesehatan yang memberikan pelayanan antenatal untuk mendapatkan pemeriksaan kehamilan. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan dukungan keluarga ibu hamil dengan ketepatan kunjungan antenatal care di Puskesmas Gondang Kabupaten Bojonegoro.

Penelitian ini merupakan penelitian analitik korelasional yang bersifat cross sectional. Sampel diambil dengan  teknik simple random sampling sejumlah 88 responden. . Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Untuk menganalisis adanya hubungan digunakan uji chi square dengan tingkat koefisien ρ=0,05.

Hasil penelitian di Puskesmas Gondang Bojonegoro lebih dari sebagian ibu hamil memiliki pengetahuan kurang tentang Antenatal Care sebanyak 47 orang (64,4%), lebih dari sebagian ibu hamil mempunyai sikap unfavorable tentang antenatal care yaitu sebanyak 44 orang (60,3%), lebih dari sebagian keluarga ibu hamil tidak mendukung dalam kunjungan antenatal care yaitu sebanyak 40 orang (54,8%), lebih dari sebagian ibu hamil tidak tepat dalam kunjungan antenatal care yaitu sebanyak 47 orang (64,4%). Dari hasil analisis menggunakan chi square disimpulkan ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dukungan keluarga dengan ketepatan kunjungan antenatal care. diperoleh nilai p=0,000.

Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa Ada hubungan antara pengetahuan, sikap, dukungan keluarga dengan ketepatan kunjungan antenatal care. Sehingga disarankan pada ibu hamil hendaknya ibu hamil sering berkonsultasi dan berkunjung ke tempat pelayanan kesehatan guna mendapatkan informasi yang dibutuhkan khususnya tentang pentingnya pemeriksaan kehamilan dengan cara menyesuaikan jadwal pemeriksaan kehamilan sesuai yang ditentukan tenaga kesehatan setempat.

                                               

Kata Kunci :      Pengetahuan ibu, sikap, dukungan keluarga, ketepatan kunjungan antenatal care.

 

 

 

 

Downloads

Published

2022-09-16

Issue

Section

Original Research