Pengaruh Teknik Rebozo terhadap Kemajuan Persalinan Kala I fase Aktif

Authors

  • Warda Aulia Mufarrocha Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Dwi Purwanti Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Kharisma Kusumaningtyas Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Sri Utami Poltekkes Kemenkes Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36568/gebindo.v12i4.186

Abstract

Persalinan adalah proses dimana bayi, plasenta, dan selaput lendir keluar dari uterus ibu, dengan usia kehamilan cukup bulan (setelah 37 minggu) dan tanpa adanya penyulit. Partus lama merupakan waktu persalinan yang memanjang akibat kemajuan persalinan yang terhambat. Teknik rebozo dapat digunakan selama persalinan untuk membantu otot dalam ligamen uterus rileks dan nyaman sehingga mampu mengurangi rasa sakit serta dapat menciptakan efek positif psikologis dan sosial, sehingga ibu dalam keadaan rileks, semua lapisan otot dalam rahim akan bekerja sama secara harmonis sehingga persalinan berjalan lancar, mudah dan nyaman. Tujuan peneitian ini adalag untuk mengetahui pengaruh teknik rebozo terhadap kemajuan persalinan kala I fase aktif di TPMB Wahidah.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian pre eksperiment dengan rancangan penelitian intact-group comparison. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling dengan sejumlah 30 ibu hamil yang sedang mengalami persalinan kala I fase aktif di PMB Wahidah. Sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok perlakuan dan kelompok kontrol. Variabel independen adalah teknik rebozo dan variabel dependent kemajuan persalinan kala I fase aktif. instrument pengumpulan data menggunakan partograf. Analisis data yang digunakan adalah uji statistik Chi Square dengan α= 0,05

Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik rebozo dapat meningkatkan kemajuan persalinan kala  fase aktif dengan perbedaan yang signifikan antara kelompok perlakuan dan kelompok intervensi pada waktu dilatasi serviks 4-5 cm dengan nilai p-value 0,01 < α 0,05 yang artinya hipotesa diterima. Yang terdapat pengaruh teknik rebozo terhadap kemajuan persalinan kala I fase aktif.

Dapat disimpulkan bahwa teknik rebozo dapat meningkatkan kema juan persalinan kala satu fase aktif. Oleh karena itu, disarankan untuk menggunakan teknik rebozo sebagai alternatif dalam menunjang kemajuan persalinan kala I fase aktif. Namun, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengoptimalkan penggunaan teknik rebozo dan memperluas cakupan sampel penelitian.

Kata Kunci : Teknik Rebozo, Persalinan, Kala I fase aktif

Downloads

Published

2024-04-16

Issue

Section

Original Research