Hubungan Intensitas Penggunaan Smartphone dengan Perkembangan pada Anak Prasekolah

Authors

  • Farah Hanifah Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Rekawati Susilaningrum Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Ani Media Harumi Poltekkes Kemenkes Surabaya
  • Astuti Setiyani Poltekkes Kemenkes Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.36568/gebindo.v13i2.210

Keywords:

Intensitas Smartphone, Perkembangan, Anak Prasekolah

Abstract

Masa prasekolah merupakan periode penting dalam proses perkembangan anak. World Health Organization (WHO) melaporkan bahwa 5-25% dari anak-anak usia prasekolah menderita gangguan perkembangan. Perkembangan dimasa itu menjadi penentu keberhasilan perkembangan anak prasekolah di periode yang akan datang. Smartphone membuat anak semakin mudah mendapatkan akses media informasi dan teknologi, sehingga anak-anak malas menjadi malas bergerak dan beraktivitas. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan perkembangan anak pasekolah di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 45 Surabaya. Penelitian bersifat observasional dengan desain cross sectional. Hasil penelitian yang telah dilakukan diketahui ada hubungan intensitas penggunaan smartphone dengan perkembanagan anak hasil menggunakan uji chi square menunjukkan  p-value = (0,024) < (0,05). Kesimpulan dari penelitian ini adanya hubungan antara intensitas penggunaan smartphone dengan perkembangan pada anak prasekolah di TK Aisyiyah Busthanul Athfal 45 Surabaya. Saran bagi para orang tua sebaiknya anak tetap dalam pengawasan ketika menggunkan smartphone. Perkembangan anak juga tetap terus dipantau dengan deteksi dini ke tenaga kesehatan, agar stimulasi perkembangan anak tetap stabil sesuai dengan usianya.

Downloads

Published

2024-06-13

Issue

Section

Original Research